Analisis Persepsi Nasabah Pada Sistem Tangggung Renteng Program PT Permodalan Nasional Madani (Persero) Cabang Tegal

Authors

  • Umi Kholifah Politeknik Negeri Semarang
  • Aris Sunindyo Politeknik Negeri Semarang
  • Mirasanti Wahyuni Politeknik Negeri Semarang

Keywords:

Kemudahan, Kerjasama, Kepercayaan, Komitmen, Minat Nasabah Terhadap Sistem Tanggung Renteng

Abstract

: Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis serta mengetahui pengaruh dari persepsi
kemudahan, kerjasama, kepercayaan, dan komitmen terhadap minat nasabah pada sistem tanggung renteng
secara simultan dan secara parsial pada masing-masing variabel di kalangan masyarakat Tegal. Data
dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 responden yaitu masyarakat Tegal (kota dan
kabupaten) yang telah menjadi nasabah Mekaar dengan metode Purposive Sampling. Metode analisis yang
digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji
multikolonieritas, uji heterokedastisitas, sert uji liniear berganda dan koefisien determinasi. Hipotesis
dibuktikan dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa variabel persepsi kemudahan,
persepsi kerjasama, persepsi kepercayaan, dan persepsi komitmen secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap minat nasabah sistem tanggung renteng. berdasarkan hasil uji t didapat bahwa masing-masing
variabel persepsi kemudahan, persepsi kerjasama, persepsi kepercayaan, dan persepsi komitmen
berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat nasabah sistem tanggung renteng.
Kata Kunci: Kemudahan, Kerjasama, Kepercayaan, Komitmen, Minat Nasabah Terhadap Sistem Tanggung
Renteng

References

Brooks, J., & Yamamoto, S. (2022). The evolution of group-mindedness: comparative research on top-down and

bottom-up group cooperation in bonobos and chimpanzees. Current Opinion in Behavioral Sciences, 47,

https://doi.org/10.1016/j.cobeha.2022.101205

Darmawan. (2013). komitmen.

Dian Sanubari, S. (2011). Program Studi Keuangan dan Perbankan, Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bandung.

(1), 27–45.

Elinnuha, Z. (2011). Program Studi Keuangan dan Perbankan, Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bandung (Vol.

, Issue 1).

Embun Duriany, Y. P. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Nasabah, dan Kepercayaan Terhadap

Word Of Mouth dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada PT BANK BRISYARIAH

Kantor Cabang Pembantu Ungaran. 5, 1–23.

Ghozali. (2015). Ghozali.

Hady Utami, A. R. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan Dan Persepsi Resiko

Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(6), 79–93.

Jatman, D. (2003). Bunga Rampai Tanggung Renteng. Puskowajanti dan LIMPAD.

John E Noyes, B. D. S. (2016). State Responbility and the Principle of join and Several Liability. 13(2).

https://www.law.cornell.edu/wex/joint_and_several_liability

Kasmir. (2016). Lembaga Keuangan.

Luthan. (2006). komitmen organisasi.

Purwodarminto. (1990). Persepsi.

Qonita, R. (2011). Program Studi Keuangan dan Perbankan, Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bandung. 3(1),

–45.

Rachman, T. (2018). Pengertian Kerjasama. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Robbins. (2003). Persepsi.

Rumastari, R. P., & Sunindyo, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga, dan Lokasi

Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Ngesrep

Semarang). Keunis, 7(2), 5. https://doi.org/10.32497/keunis.v7i2.1581

Sati, R. A. S., & Ramaditya, M. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan,

Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Konsumen

Yang Menggunakan Metland Card). Management, 1–20.

Sri Rahayu, Y. (2557). Penerapan Sistem Tanggung Renteng Pada Koperasi Wanita Serba Usaha “SETIA BUDI

Wanita” Malang. Sistem Tanggung Renteng, 4(1), 88–100.

Sudarsono. (1992). kamus hukum. Rineka Cipta.

Suharni. (2003). “Analisis Pengembangan Usaha Mikro Melalui Kredit Bank dengan Sistem Tanggung Renteng.”

Jurnal Hukum Dan Dinamika Masyarakat Vol. 1., 1.

Sumanto. (2014). persepsi. In psikologi umum. CAPS.

Walgito, B. (2010). Persepsi. In pengantar psikologi umum. Andi Offset.

Downloads

Published

2024-07-24