TRANSPARANSI INFORMASI PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE BANKING TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN SEKTOR JASA KEUANGAN

Authors

  • HERI ABRIANTO Politeknik Negeri Jakarta
  • NURAENI HADIATI FARHANI Politeknik Negeri Jakarta
  • SANDHIKA CIPTA BIDHARI Politeknik Negeri Jakarta
  • EDWARD HOT HAMONANGAN PASARIBU Politeknik Negeri Jakarta
  • NEILA NEILA Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

transparency of information, consumer and community protection, mobile banking

Abstract

During the Covid-19 pandemic, banking services are required to be more accommodating to customer needs. One way to meet these demands is that banks must be able to optimize the use of the technology they have. The aim of this research is to determine the effect of information transparency regarding the use of the BCA Mobile application on BCA consumer protection. This research uses descriptive statistical methods and linear regression. The results of this research show that information transparency has a positive and significant relationship to consumer protection.

References

Adiwijaya, I. G. B. P. (2018). Kemudahan Penggunaan, Tingkat Keberhasilan Transaksi, Kemampuan Sistem Teknologi, Kepercayaan dan Minat Bertransaski Menggunakan Mobile Banking. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(3), 135–153.

Ahimsa, T. (2022). TRANSPARANSI INFORMASI SEBAGAI BENTUK PERLINDUNGAN KONSUMEN DI SEKTOR JASA KEUANGAN : 13(April), 65–91.

Anataya, A., Faizal, A., Bakri, R. A., Amanda, S., & Hidayah, N. (2023). Digital Banking: Permudah Akses Layanan Perbankan Di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Manajemen, Bisnis Dan Ekonomi (JIMBE), 1(1), 25–28. https://doi.org/10.59971/jimbe.v1i1.5

Christpratama, A. S., Suganda, T. R., & Oktariani, F. (2020). Transparansi Informasi Perusahaan Pada Bursa Efek Indonesia, Singapura, Dan Thailand. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 22(2), 167–178. https://doi.org/10.34208/jba.v22i2.736

Damayanti Ariningsih, N., Bayu Pamungkas, Z., Indah Lestari, T., Pinang Raya No, J., Grogol, K., Sukohajo, K., & Tengah Kode Pos, J. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Jasa Perbankan. Seminar Nasional & Call For Paper Hubisintek, 08, 487–496.

Iqbal, J., Heriyani, H., & Urrahmah, I. (2021). Pengaruh Kemudahan dan Ketersediaan Fitur terhadap Penggunaan Mobile Banking. Global Financial Accounting Journal, 5(2), 25. https://doi.org/10.37253/gfa.v5i2.6001

Irianto, P. S., & Ispriyarso, B. (2016). Keterbukaan Informasi Publik Di Perbankan. Law Reform, 12(2), 240. https://doi.org/10.14710/lr.v12i2.15877

Kiki Lestari. (2022). Literature Review Determinasi Volume Transaksi Di Masa Pandemi Covid 19: Strategi, Teknologi Dan Mobile Banking. Literature Review Determinasivolumetransaksi Dimasa Pandemi Covid 19: Strategi, Teknologi Dan Mobile Banking, 3(3), 1–9. https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/888/580

Lubis, D. yanti, & Lukman, S. (2023). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Mobile Banking. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, vol.2(2), 443–456.

Muslim, A. (2022). Memahami Karakteristik Pengguna Internet Banking: Resiliensi Sektor Perbankan di Era Pandemi COVID-19 (Studi Kasus di Jawa Timur). Buletin Riset Kebijakan Perbankan, 3(2), 99–108.

Nurdin, A. R. (2018). Kajian Peraturan Perlindungan Konsumen Di Sektor Perbankan. Jurnal Hukum & Pembangunan, 48(2), 299. https://doi.org/10.21143/jhp.vol48.no2.1665

Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Strategi Perlindungan Konsumen Keuangan Tahun 2013-2027. 5–7. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/Pages/Strategi-Perlindungan-Konsumen-Keuangan-Tahun-2013-2027/Strategi Perlindungan Konsumen Keuangan (SPKK).pdf

Rahim Amihsa, A. R., Saferian, E., & Syahrir, S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Mobile Payment Di Indonesia. INTELEKTIVA: Jurnal Ekonomi, Sosial Dan Humaniora, 2(3), 1–16. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/306

Sari, D. M., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). Fitur-Fitur Aplikasi Mobile Banking Bank Syaraih. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 12(2), 170.

Sari Permata, I. (2020). Perlindungan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan Perbankan. SULUH: Jurnal Abdimas, 1(2), 122–129. https://doi.org/10.35814/suluh.v1i2.1234

Syafitri, I. (2021). Perlindungan Konsumen Industri Asuransi Oleh Otoritas Jasa Keuangan. Juripol, 4(2), 307–319. https://doi.org/10.33395/juripol.v4i2.11156

Syofyan, E. (2021). Good Corporate Gorvernance (GCG). http://repository.unp.ac.id/38387/1/EFRIZAL SYOFYAN Good Corporate Governance.pdf

Tantrinesia, M., Amelia, L. F., & Sidarwaya, H. A. (2023). Pengaruh M-banking Terhadap Pola Belanja Masyarakat di Surabaya. Prosiding Seminar Nasional, 24–38.

Vianto, J., & Arifin, A. Z. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI INTENSI PENGGUNAAN MOBILE BANKING. 8(2), 299–312.

https://www.bankmandiri.co.id/en/press-detail?primaryKey=61437798&backUrl=/press “Makroekonomi Nasional Sangat Kondusif, Dukung Kinerja Keuangan Kinclong Bank Mandiri”diakses 29 Januari 2024 pukul 18.01WIB

https://bankmandiri.co.id/en/livin, “Ini Cerita Tentang Livin’ by Mandiri”, diakses 12 Februari 2024 pukul 13.00WIB

https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Siaran-Pers-OJK-Dorong-Peningkatan-Transparansi-dan-Keterbukaan-Informasi-Produk-dan-Layanan-Jasa-Keuangan.aspx “Siaran Pers Ojk Dorong Peningkatan Transparansi Dan Keterbukaan Informasi Produk Dan Layanan Jasa Keuangan”, diakses 12 Februari 2024 pukul 13.35WIB

https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/OJK-Menerbitkan-Pedoman-Standar-Ringkasan-Informasi-Produk-dan-Layanan-Sektor-Jasa-Keuangan.aspx , “OJK Menerbitkan Pedoman Standar Ringkasan Informasi Produk dan Layanan Sektor Jasa Keuangan”, diakses 12 Februari 2024 pukul 13.45WIB

https://www.bi.go.id/id/statistik/ekonomi-keuangan/spip/Default.aspx#Nasional-Provinsi diakses 7 Oktober 2024 pukul 15.40WIB

https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/cerita-bi/Pages/Pandemi-Pendorong-Digitalisasi.aspx diakses 7 Oktober 2024 pukul 17.00WIB

https://www.indonesiabaik.id/infografis/orang-indonesia-makin-cashless diakses 7 Oktober 2024 pukul 18.16WIB

Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik

Peraturan BI No. 7/6/PBI/2005 tentang Transparansi Informasi Produk Bank dan Penggunaan Data Pribadi Nasabah

POJK No. 6 /POJK.07/2022 Tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan

POJK No. 22 Tahun 2023 Tentang Perlindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan

Downloads

Published

2025-05-15